nusakini.com - PT Angkasa Pura (AP) II, Minggu (12/6/2016) melakukan simulasi operasional untuk Terminal 3 Ultimate Bandar Udara (Bandara) Internasional Soekarno-Hatta, Tanggerang. Proses ini dilakukan sebelum Terminal 3 Ultimate dioperasikan secara perdana yang rencananya dilakukan pada 20 Juni nanti.

Simulasi dimulai dari saat penumpang masuk ke dalam terminal yakni melalui pemeriksaan di security check point sampai dengan ruang tunggu pesawat atau boarding room. 

Untuk simulasi, AP II mengerahkan 50 penumpang (berpura-pura) untuk menuju Solo. Para penumpang masuk dengan membawa beberapa tas seperti layaknya penumpang yang akan terbang. 

Penumpang melalui proses pemeriksaan dengan standar yang sama seperti terminal lainnya. Tas, telepon seluler beserta jam tangan dan ikat pinggang harus dilepas dari tubuh penumpang. 

Selanjutnya, penumpang masuk ke area check in. Beberapa petugas dari maskapai melayani penumpang seperti biasanya, dengan meminta tiket, serta kartu identitas. 

Usai check in, penumpang menuju ruang tunggu pesawat. Proses pemeriksaan kembali dilakukan oleh petugas bandara. Meskipun simulasi, namun semua peraturan tetap dijalankan.  

Di ruang tunggu, para penumpang menikmati fasilitas yang ada. Sampai akhirnya ada pengumuman untuk penumpang diperbolehkan masuk ke dalam pesawat. 

"Kita hari ini melaksanakan simulasi operasional Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta. Terlihat memang masih ada kekurangan, dan kita evaluasi terus menerus," kata Direktur Utama AP II, Budi Karya Sumadi.(if/mk)